Telaga Warna Dieng Tiket & Aktifitas 2024

Dataran tinggi Dieng memiliki potensi wisata alam yang menarik untuk diikuti. Saat ini ada berbagai objek wisata yang terkenal di daerah tersebut seperti Telaga Warna Dieng. Tempat ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dari berbagai daerah.

Daya tarik utama dari telaga warna yang ada di pegunungan dieng yakni danau dan pemandangan sekitarnya yang begitu indah. Suasanaya pun masih terasa asri dan sejuk, oleh karena itu tempat ini cocok untuk menghilangkan penat setelah dengan aktifitas harian yang padat dan melelahkan.

Saat ini wisatawan yang datang tidak hanya dari daerah sekitar saja, namun banyak juga dari kota-kota lain bahkan tak jarang ada turis asing yang berwisata di kawasan ini. Banyak yang penasaran kenapa air dalam telaga tersebut berwarna dan hal tersebut yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang mengunjunginya.

Spot Foto Telaga Warna Dieng
Sumber @jayadwinurcholis

Bagi masyarakat sekitar dieng atau wonosobo tentu sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata alam ini, namun bagi kalian yang belum tahu dengan apa yang disajikan di telaga warna bisa menyimak beberapa informasi berikut ini.

Sejarah Telaga Warna Dieng Wonosobo

Dibalik keindahannya yang terlihat saat ini, telaga warna mempunyai kisah yang masih dipercayai masyarakat setempat. Cerita tersebut bermula saat dahulu ada seorang bangsawan yang memiliki cincin sakti, nah cincin tersebut jatuh ke dalam telaga dan membuat airnya berubah warna. Selain itu ada cerita legenda lain terkait terbentuknya telaga ini.

Alamat Telaga Warna Dieng
Sumber @ginatrahmat

Walaupun cerita tersebut sudah melegenda namun jika dijelaskan secara ilmiah perubahan warna tersebut terjadi karena pembiasan cahaya matahari pada belerang yang mengendap di dasar telaga. Dari pembiasan tersebut muncul warna dominan seperti hijau, putih kekuningan dan juga biru laut.

Daya Tarik Telaga Warna Dieng

Objek wisata yang masih berada di daerah Wonosobo ini sejatinya merupakan danau vulkanik yang diisi dengan air dan campuran belerang. Luas telaga ini kira-kira seperti 3 kali luas lapangan bola dan berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Karena berada di atas pegunungan tentu saja udara di daerah ini sangat sejuk, apalagi di pagi hari. Jika tidak terbiasa di daerah dengan hawa dingin tentu cukup kesulitan saat pertama kali datang, namun rasa dingin itu seakan tidak terasa ketika melihat pemandangan alam yang tersaji dengan begitu indahnya.

Jam Buka Telaga Warna Dieng
Sumber @ayunni2006

Suasana sekitarnya juga masih sangat alami serta jauh dari perkotaan sehingga suara bising dan polusi udara jarang terlihat di kawasan ini. Apabila melihat telaga warna dieng dari tebing yang ada disekitarnya tidak hanya terlihat keindahan telaganya saja namun pemandangan sekitar seperti bukit dan pepohonan akan terlihat dengan jelas.

Daya tarik utama dari destinasi wisata ini yakni keindahan warna telaga dan untuk melihatnya secara baik bisa datang pada waktu pagi atau siang hari. Pada saat itu cahaya matahari sedang terik sehingga bisa melihat pembiasan cahaya yang merubah warna air danau tersebut.

Saat berkunjung ke tempat ini jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen yang ada disana karena ada banyak spot foto instagramable untuk foto selfie yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu bawa pula pakaian hangat karena udaranya cukup dingin terutama saat pagi hari.

Jalan Menuju Telaga Warna Dieng
Sumber @jzdni_

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Untuk bisa menikmati pemandangan yang tersaji di tempat tersebut, wisatawan harus membayar biaya masuknya terlebih dahulu. Berikut ini harga tiket telaga warna dieng terbaru yang mungkin bisa menjadi referensi sebelum kesana.

KategoriHarga
WeekdayRp 12.500
WeekendRp 15.000

Dengan membayar biaya masuk serta parkir kendaraan yang dibawa pengunjung bisa menyaksikan indahnya telaga beserta pemandangan alam sekitarnya yang mampu memanjakan mata. Namun biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan terbaru yang diberlakukan pihak pengelola.

Lokasi Telaga Warna Dieng Wonosobo

Objek wisata yang berada di alamat Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini lokasinya berada di daerah pegunungan sehingga jalanannya berliku. Kalian bisa menggunakan Google Maps untuk mendapatkan rute menuju lokasi yang dapat dilihat di sini.

Demikianlah informasi tentang Telaga Warna Dieng, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian yang belum tahu tentang tempat tersebut. Terima kasih juga telah berkunjung di situs web Travelingan.Net, jangan lupa untuk kembali lagi apabila ingin mencari informasi terkait tempat liburan di kota-kota lainnya.