Goa Kreo Semarang Tiket & Wahana 2024

Hari libur akan terasa kurang lengkap jika belum mengunjungi objek wisata bersama keluarga atau teman. Apabila kalian tinggal di daerah Semarang tentu akan menemukan banyak tempat menarik, salah satu yang lagi ngehits adalah Goa Kreo Semarang.

Goa Kreo sendiri merupakan tempat yang memiliki sejarah dan cerita unik. Masyarakat sekitar masih mempercayai bahwa dulunya kawasan ini memiliki kaitan dengan Sunan Kalijaga yakni tempat untuk mencari kayu untuk pembangunan Masjid Agung Demak.

Sekarang kawasan ini terus dikembangkan dengan menambahkan banyak fasilitas pendukung. Adanya hal baru ini menambah daya tarik masyarakat, hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat yang datang terutama saat akhir pekan dan hari libur sekolah maupun lebaran.

Harga Tiket Masuk Goa Kreo Semarang
Sumber @valeriende612

Jika berniat liburan ke kota Semarang bisa memilih goa kreo sebagai salah satu destinasi wisata. Nah berikut ini beberapa hal menarik yang mungkin bisa menjadi referensi sebelum mengunjunginya.

Sejarah Singkat Goa Kreo

Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki tempat-tempat sejarah. Goa kreo adalah satu diantara tempat bersejarah yang dipercaya masyarakat sekitar akan cerita sejarahnya.

Menurut masyarakat sekitar yang mempercayainya, kawasan ini masih memiliki kaitan dengan Kanjeng Sunan Kalijaga. Dulunya goa ini menjadi tempat Sunan Kalijaga untuk mencari kayu.

Lokasi Goa Kreo Semarang
Sumber @erwin88mitra

Dalam hal ini kayu yang dimaksud tersebut akan digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak. Ada pohon jati yang hendak dipilih namun pohon tersebut bisa berpindah-pindah tempat.

Sunan Kalijaga tidak menyerah dan terus mencari keberadaan pohon yang berpindah tersebut lalu pada akhirnya menemukannya dan melilitkan selendang agar tidak berpindah lagi kemudian menebangnya.

Setelah menebang kayu lalu Sunan Kalijaga beristirahat dan bersemedi untuk mencari cara supaya bisa membawa kayu tersebut menuju ke Demak. Saat bersemedi muncul kera-kera yang ingin ikut dengan Sunan Kalijaga namun ditolak dan malah diberikan lahan untuk tempat tinggal kera tersebut.

Spot Foto Goa Kreo Semarang

Dibalik cerita sejarahnya, saat ini kawasan goa kreo dikembangkan dengan menambahkan spot foto yang instagramable. Karena alasan inilah banyak masyarakat dari berbagai daerah penasaran untuk mengunjunginya.

Fasilitas Goa Kreo Semarang
Sumber @eka.nina34

Spot yang dihadirkan termasuk kekinian mengingat tren masyarakat saat ini banyak yang gemar berburu foto di tempat-tempat unik. Spot favorit yang sering dijadikan objek foto yakni jembatan, balon udara, area yang dibuat seperti bersalju dan lain sebagainya.

Menariknya lagi ada spot yang menghadirkan pohon sakura ala negara Jepang. Pengunjung tidak hanya bisa berfoto saja namun juga bisa menyewa dan memakai Kimono yakni pakaian tradisional Jepang.

Di area ini juga banyak terdapat kera-kera yang bergelantungan. Pengunjung bisa berinteraksi dengan kera tersebut, hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Jalan Menuju Goa Kreo Semarang
Sumber @isnaennhy

Yang suka fotografi tentu akan sangat disayangkan jika belum mengunjungi kawasan ini, apalagi kita tidak hanya berwisata saja namun juga bisa tahu tempat-tempat sejarah yang hingga kini masih ada.

Baca Juga Keindahan Rawa Pening Semarang

Fasilitas Goa Kreo Semarang

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola cukup lengkap, diantaranya area parkir kendaraan, toilet, mushola hingga warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Rute Goa Kreo Semarang
Sumber @y_rahmawati14

Selain itu ada juga penyewaan Kimono yakni baju tradisional Jepang. Pengunjung bisa memakai dan mengabadikannya lewat foto. Pengalaman ini sangat menarik karena tentu jarang bisa memakai kimono.

Harga Tiket Masuk Goa Kreo Semarang

Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung perlu membayar biaya masuknya terlebih dahulu, berikut ini besaran harga tiket masuknya sebagai gambaran sebelum kesana.

KategoriHarga
Tiket MasukRp 5.500

Dengan membayar biaya masuk dan parkir kendaraan yang dibawa, pengunjung bisa melihat salah satu tempat yang memiliki mitos sejarah. Namun harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan terbaru dari pihak pengelola.

Jam buka atau jam operasionalnya dibuka setiap hari dari Senin s/d Minggu mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Baca Juga Spot Foto di Lawang Sewu Semarang

Lokasi Goa Kreo Semarang

Objek wisata yang berada di alamat Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kecamatan. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah ini lokasinya cukup mudah ditemukan. Kalian bisa memanfaatkan Google Map untuk mendapatkan rute menuju lokasi yang dapat dilihat di sini.

Demikianlah informasi mengenai Goa Kreo Semarang yang dapat kami ulas, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tempat tersebut. Jangan lupa mengunjungi kembali situs Travelingan.Net untuk melihat update tempat hits terbaru di kota-kota lain.