Monas Jakarta Tiket & Jam Buka 2024

Jika sedang berada di Jakarta maka kurang lengkap apabila tidak sekalian mengunjungi tempat-tempat menarik yang ada disana, salah satunya Monas Jakarta atau singkatan dari Monumen Nasional.

Monas Jakarta merupakan monumen yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda.

Saat ini monumen tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain bangunannya yang megah, di bagian dasar monumen terdapat diorama yang menampilkan sejarah bangsa Indonesia.

Harga Tiket Masuk Monas Jakarta
Sumber @joel_yadi

Apabila kalian sedang berada di Jakarta bisa menyempatkan untuk mampir di monas karena banyak hal menarik yang bisa diketahui termasuk mengetahui sejarah bangsa Indonesia sejak pra sejarah hingga pada masa orde baru.

Sejarah Singkat Monas Jakarta

Monumen Nasional atau sering disebut Monas Jakarta merupakan monumen yang dibangun untuk ,mengenang perlawanan dan juga perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda.

Monas dibangun atau didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 oleh perintah Presiden Soekarno dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

monas jakarta
Foto dari Google Maps Yacob Osoya

Dengan tinggi 132 meter, tugu tersebut terlihat begitu megah terutama dibagian atasnya yang terdapat cawan dengan berat mencapai 14,5 ton. Menariknya lagi bagian tersebut dilapisi emas seberat 35 kg.

Kemegahannya juga terlihat dari sudut halaman luar yang mengelilingi tugu tersebut. Terdapat relief yang menggambarkan bagaimana sejarah bangsa Indonesia mulai dari sudut timur laut hingga sudut tenggara, barat daya dan barat laut.

Di dalam Tugu Monas ada apa aja?

Monumen yang menjulang tinggi ini didalamnya terdapat ruangan hingga benda-benda bersejarah bangsa Indonesia. Berikut ini yang bisa ditemukan ketika masuk ke dalam tugu monas.

1. Museum Sejarah

museum sejarah
Foto dari Google Maps Doni

Sebagai tempat untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia, ada banyak hal menarik di monumen nasional jakarta mulai dari dibagian bawah monumen terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia dengan luas 80×80 meter. Ruangan tersebut dapat menampung setidaknya 500 pengunjung.

Dalam ruangan tersebut terdapat 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak pra sejarah hingga pada masa orde baru. Pengunjung yang datang bisa belajar dan mengetahui bagian sejarah yang terangkum dalam sebuah diorama.

2. Ruang Kemerdekaan

Selanjutnya di dalam cawan monumen terdapat Ruang Kemerdekaan dalam bentuk amphitheater. Di dalam ruangan ini tersimpan simbol kenegaraan dan juga kemerdekaan Republik Indonesia seperti naskah asli Proklamasi yang dilapisi emas, bendera merah putih dan dinding yang tertuliskan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.

3. Pelataran Puncak Monas

pelataran puncak monas
Foto dari Google Maps Steven Brown

Pada bagian puncak monumen terdapat pelataran puncak yang berukuran 11 x 11 meter dengan ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Untuk mencapai pelataran tersebut bisa menggunakan elevator atau lift.

Pelataran ini mampu menampung pengunjung sekitar 50 orang. Di dalamnya terdapat fasilitas seperti teropong yang bisa digunakan untuk melihat sekeliling kota Jakarta.

Nah di bagian puncaknya terdapat cawan untuk menopang nyala lampu perunggu dengan berat hingga 14,5 ton serta dilapisi emas seberat 35 kg. Lidah api yang ada diatasnya menyimbolkan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaannya.

Aktifitas di Monas Jakarta

Wisatawan ataupun pengunjung monas jakarta bisa melakukan banyak kegiatan menarik, tidak hanya di dalam tugunya saja namun diluar tugu juga banyak aktifitas seru, berikut ini diantaranya.

1. Naik Kereta Wisata Monas

Kawasan monas memiliki area yang cukup luas, untuk menjangkau tugunya saja perlu berjalan cukup jauh. Namun pengunjung tidak perlu kawatir karena tersedia kereta wisata monas yang siap mengantar jemput pengunjung.

Untuk naik kereta ini kadang perlu bersabar menunggu kereta datang ataupun antre dengan pengunjung lain utnuk bergiliran naik karena fasilitas kereta ini gratis sehingga banyak yang ingin yang ingin menggunakannya.

Syarat naik kereta wisata ini cukup menunjukkan karcis masuk monas saja pengunjung sudah akan diantarkan secara gratis tanpa perlu capek-capek berjalan kaki. Walau begitu kereta ini tidak sepanjang hari ada karena dikeluarkan pada waktu-waktu tertentu dengan melihat kepadatan pengunjung yang datang.

2. Berwisata Sambil Belajar

Mengunjungi monas tidak hanya untuk berjalan-jalan mengisi hari libur saja namun juga bisa sambil belajar mengenal sejarah bangsa Indonesia melalui museum yang berada di bawah monas.

Di museum ini pengunjung bisa melihat perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah serta benda-benda bersejarah yang disimpan sebagai bukti bahwa para pahlawan di masa lalu benar-benar berjuang untuk memerdekakan Indonesia.

3. Melihat Air Mancur Menari

air mancur menari
Foto dari Google Maps Sopian Efendi

Monas jakarta menghadirkan wahana baru bernama air mancur menari yang merupakan atraksi dari sebuah air mancur yang bergerak sesuai irama sehingga seperti sedang menari. Atraksi ini bisa disaksikan sesuai jadwalnya

4. Olah Raga di Monas Jakarta

Nah ini yang menarik yang bisa dilakukan pengunjung yaitu berolahraga di taman monas. Taman ini dirancang dengan bagus dan indah sekaligus menambahkan fasilitas untuk olah raga seperti lapangan basket, lapangan voli hingga lapangan futsal.

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas olah raga jogging, basket, futsal, voli secara gratis. Tentu sangat menarik bukan untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga atau kawan-kawan.

5. Melihat Gedung Bertingkat

Dari monas pengunjung bisa melihat gedung-gedung pencakar langit dari ketinggian atau lebih tepatnya dari puncak monas. Untuk bisa naik ke puncaknya bisa menggunakan lift secara bergantian.

Puncak monas banyak diminati pengunjung sehingga perlu antre bergiliran untuk bisa naik keatas. Jika sudah berada di atas akan langsung terlihat gedung-gedung tinggi yang ada disekitarnya. Dari tempat ini juga akan terlihat suasana kota Jakarta dengan hiruk pikuk kendaraan yang berlalu lalang di jalanan.

6. Menikmati Kuliner

Kurang lengkap jika sebuah objek wisata tidak menawarkan area kulineran karena sangat penting untuk mengembalikan tenaga setelah lelah beraktifitas di tempat tersebut. Nah di kawasan monas jakarta terdapat wisata kuliner dengan banyak pilihan menu makanan maupun minuman.

Di sekitar kawasan ini terdapat banyak pedagang kaki lima yang menawarkan makanan khas Indonesia seperti soto betawi, nasi timbel, ayam taliwang, pecel lele, sate madura dan masih banyak lagi ragam kuliner yang bisa ditemukan.

Harga Tiket Masuk Monas Jakarta

Untuk memasuki kawasan ini terutama cawan dan puncaknya maka perlu membayar biaya masuknya terlebih dahulu, berikut ini harga tiket masuknya sebagai gambaran jika ingin kesana.

KategoriDewasaMahasiswaAnak/Pelajar
MuseumRp 5.000Rp 3.000Rp 2.000
PuncakRp 15.000Rp 8.000Rp 4.000

Dengan membayar biaya masuk tersebut kalian bisa mengetahui bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekannya melalui diorama dan yang lainnya. Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan dari pihak pengelola.

Baca Juga Koleksi Satwa di Ragunan Zoo Jakarta

Jam Buka Monas Jakarta

Jam buka atau jam operasional tugu monas dibuka setiap Selasa s/d Minggu mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Jadi yang bertanya monas hari ini buka atau tutup maka jawabannya setiap hari senin tutup atau libur kecuali tanggal merah atau libur Nasional seperti lebaran.

Lokasi Monas

Monumen yang berada di alamat Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini lokasinya sangat mudah dijangkau. Kalian juga bisa menggunakan Google Maps untuk mendapatkan rute menuju lokasi yang dapat dilihat di bawah ini.

Demikianlah informasi mengenai Monas Jakarta yang dapat kami ulas, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tempat tersebut. Jangan lupa mengunjungi kembali situs Travelingan untuk melihat update tempat hits terbaru di kota-kota lain.