10 Gambar Candi Cangkuang Garut, Tiket Masuk, Lokasi, Sejarah

Posted on

Garut memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata alam, air, keluarga hingga sejarah, salah satunya Candi Cangkuang Garut. Tempat ini bersebelahan dengan makam kuno yang merupakan pemuka agama Islam dan dipercaya sebagai leluhur penduduk desa setempat yakni Embah Dalem Arief Muhammad.

Nama candi yang diberikan berasal dari nama desa dimana candi tersebut berada. Karena letaknya berada di daratan yang ada di tengah danau atau situ cangkuang maka untuk mencapainya perlu menggunakan rakit untuk menyeberang.

Hingga kini tempat tersebut masih menjadi salah satu tujuan favorit masyarakat sekitar maupun dari kota-kota lain yang ingin lebih mengenal salah satu bangunan bersejarah dan juga sekalian berwisata. Situ yang mengelilinginya memiliki panorama indah yang sering dimanfaatkan untuk objek foto wisatawan.

Jalan Menuju Candi Cangkuang Garut
Sumber @y.ruhyananugraha

Sejarah Candi Cangkuang Garut, Panorama, Tiket Masuk Hingga Lokasinya

Bagi masyarakat Garut tentu sudah tidak asing lagi dengan wisata bersejarah ini, namun bagi kalian yang belum mengetahui tentang sejarah hingga hal menarik apa saja yang ada di tempat ini bisa menyimak beberapa informasi berikut ini.

Sejarah Singkat Candi Cangkuang Garut

Destinasi wisata sejarah Candi Cangkuang ini ditemukan pertama kali oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita pada tahun 1966 di bukit Kampung Pulo, Leles. Selain candi yang berupa arca Syiwa juga ditemukan makam kuno leluhur desa setempat yang kemudian diketahui makam Arief Muhammad.

Hampir dipastikan candi tersebut merupakan peninggalan agama Hindu sekitar abad ke 8 M. Tim sejarah dan kepurbakalaan meneliti daerah tersebut hingga tahun 1968, lalu pemugaran dilakukan pada tahun 1974-1975 dan rekonstruksinya dimulai pada tahun 1976.

Sejarah Candi Cangkuang Garut
Sumber @yusep_alfarizi

Rekontruksi yang dilakukan meliputi kerangka badan, atap serta patung Syiwa. Candi yang pada tahun 1978 diresmikan ini berdiri pada lahan segi empat dengan ukuran 4,7 x 4,7 m dan tingginya 30 cm. Sejak saat itu tempat ini menjadi salah satu objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Panorama Candi Cangkuang Garut

Candi cangkuang garut adalah candi Hindu yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda. Apabila ingin menuju lokasi perlu menggunakan rakit karena letaknya yang berada di tengah situ. Sebelum sampai di lokasi candi, para wisatawan akan disuguhkan panorama situ yang mampu memanjakan mata.

Hamparan pepohonan dan gunung akan terlihat dari situ cangkuang garut, apalagi disore hari ada momen matahari terbenam atau sunset yang dapat disaksikan jika cuacanya mendukung. Keindahan inilah yang sering diabadikan wisatawan dengan berfoto saat dipinggiran ataupun ditengah situ menggunakan rakit kayu.

Lokasi Situ Cangkuang Garut
Sumber @elizahvdzwaan

Setelah melewati situ atau danau menggunakan getek bambu untuk menuju daratan kecil yang ada di tengahnya, wisatawan akan dibawa menuju bangunan candi. Kemegahan bangunan tersebut akan terlihat dari kejauhan.

Saat sampai di lokasi candi, penunjung bisa melihat kemegahannya secara dekat. Walaupun bangunannya tidak sebesar kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yakni Candi Prambanan namun tempat ini memiliki nilai sejarah yang tidak akan terlupakan.

Lokasi Candi Cangkuang Garut
Sumber @nfatah67

Suasana sekitarnya masih cukup asri karena dikelilingi pepohonan yang utmbuh rindang, disamping candi juga terdapat makam leluhur desa setempat. Untuk mengabadikan momen saat berada disana biasanya para wisatawan mengambil fot di area lokasi candi dan sekelilingnya.

Harga Tiket Masuk Candi Cangkuang

Untuk bisa melihat bangunan candi secara dekat perlu membayar biaya masuk serta sewa rakit. Berikut ini harga tiket candi cangkuang garut terbaru yang bisa dijadikan referensi wisata ketika memiliki waktu luang.

KategoriHarga
Tiket MasukRp 5.000
Sewa RakitRp 5.000

Dengan membayar parkir kendaraan, biaya masuk dan menyewa getek untuk mencapai lokasi, pengunjung bisa melihat salah satu bangunan peninggalan sejarah dengan arsitektur yang megah. Namun harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai peraturan terbaru yang diberlakukan pihak pengelola.

Baca Juga Wisata Talaga Bodas Garut

Lokasi Candi Cangkuang Garut

Objek wisata bersejarah yang berada di alamat Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini lokasinya cukup mudah untuk menjangkaunya. Kalian bisa menggunakan Google Maps untuk mendapatkan rute menuju lokasi yang dapat dilihat di sini.

Galeri Foto

Demikianlah informasi tentang Candi Cangkuang Garut, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian yang belum tahu tentang tempat tersebut. Terima kasih juga telah berkunjung di situs web Travelingan.Net, jangan lupa untuk kembali lagi apabila ingin mencari informasi terkait tempat liburan di kota-kota lainnya.