10 Gambar Candi Cetho, Tiket Masuk, Lokasi, Jam Buka

Posted on

Di Indonesia tentu kita sudah tahu bahwa ada banyak bangunan peninggalan sejarah seperti Candi. Banyak candi yang ditemukan di Yogyakarta dan Jawa Tengah, salah satunya yakni Candi Cetho yang berada di daerah Karanganyar.

Bangunan candi ini terbilang spesial karena letaknya yang ada diketinggian atau lebih tepatnya di lereng Gunung Lawu. Untuk menuju ke sana perlu berlajan melewati jalur pendakian yang lumayan jauh.

Walaupun harus berjuang untuk menggapai lokasinya namun semua itu akan terbayarkan dengan apa yang tersaji saat perjalanan. Pemandangan alam yang indah akan membuat rasa lelah sedikit terobati.

Jalan Menuju Candi Cetho Karanganyar
Sumber @ayas_jarjit

Sejarah Candi Cetho, Panorama, Tiket Masuk, Jam Buka Hingga Lokasinya

Bagi yang penasaran dengan candi ceto maka bisa mengunjunginya dengan mengajak keluarga atau sahabat karena akan lebih seru jika beramai-ramai. Berikut ini sedikit informasi yang mungkin bisa bermanfaat sebelum kesana.

Sejarah Singkat Candi Cetho Karanganyar

Candi Cetho merupakan candi bercorak Agama Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke 15 Masehi atau masa akhir era Majapahit.

Pada tahun 1842 Van de Vlies membuat laporan pertama mengenai penemuan candi tersebut, A.J Bernet Kempers juga melakukan penelitian yang sama. Kemudian tahun 1928 Dinas Purbakala Hindia Belanda melakukan penggalian untuk kepentingan rekonstruksi serta penemuan objek yang terpendam.

Sejarah Candi Cetho Karanganyar
Sumber @nanda.ira

Saat ditemukan, candi ini memiliki 14 teras atau punden bertingkat namun sekarang tinggal 13 teras, selain itu pemugaran yang dilakukan juga memugar 9 teras saja.

Tahun 1970-an akhir dilakukan pemugaran secara sepihak oleh Sudjono Humardani yang merupakan asisten pribadi Suharto atau presiden kedua RI. Pemugaran ini banyak dikritik oleh pakar arkeolog karena tidak dilakukan dengan studi yang mendalam.

Setelah dipugar, saat ini komplek candi tersebut banyak dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata sejarah. Letaknya yang berada di atas ketinggian juga menjadi tantangan tersendiri untuk melihatnya.

Baca Juga Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu

Panorama Candi Cetho Karanganyar

Candi Ceto termasuk salah satu bangunan bersejarah dengan desain yang megah. Selain itu letaknya yang ada di ketinggian atau lebih tepatnya lereng Gunung Lawu memberikan pengalaman tersendiri karena untuk mencapai lokasi perlu mendaki gunung.

Bagi yang sudah pernah melihat candi tersebut tentu sudah tahu bagaimana proses menuju kesana yakni dengan berjalan menyusuri salah satu jalur pendakian.

Tiket Masuk Candi Cetho Karanganyar
Sumber  @mrezanaufal

Nah dalam perjalanan ini walaupun harus melewati tanjakan namun akan disuguhkan panorama alam sekitar yang cukup mengesankan. Hamparan pepohonan dan perbukitan yang ada disekitarnya akan menemani saat perjalanan.

Sesampainya di kompleks candi akan terlihat bangunan megah dengan segala arsitekturnya. Mungkin ada yang berfikir bagaimana bisa membangun sebuah candi di lereng gunung, hal seperti inilah yang membuat kita kagum akan orang zaman dahulu.

Saat ini yang bisa kita lakukan hanyalah menjaga dan melestarikan bangunan tersebut, oleh karena itu saat berada disana juga harus menjaga sikap dan ucapan untuk menghormatinya.

Spot Foto Candi Cetho Karanganyar
Sumber @martinulpan

Wisatawan yang datang banyak yang tak ingin melewatkan momen saat berada disana dengan berfoto disetiap sudut candi. Ada banyak spot foto instagramable yang bisa dijadikan objek foto.

Menariknya lagi lokasi ini juga salah satu tempat yang bagus untuk melihat momen susnet atau matahari terbenam. Momen indah tersebut banyak yang menantikannya dan mengabadikannya lewat foto.

Harga Tiket Masuk Candi Cetho 2019

Untuk dapat melihat kemegahan candi maka wisatawan perlu membayar biaya masuknya terlebih dahulu, berikut ini harga tiket candi cetho terbaru sebagai gambaran jika ingin kesana.

KategoriHarga
Wisatawan LokalRp 7.000
Wisatawan AsingRp 25.000

Dengan membayar biaya tersebut, wisatawan bisa melihat secara langsung bangunan sejarah dengan arsitektur yang bagus. Namun harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan dari pihak pengelola.

Jam buka atau jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB, khusus hari Jumat pukul 10.00-17.00 WIB.

Baca Juga Spot Foto di Lawu Park Karanganyar

Lokasi Candi Cetho Karanganyar

Wisata candi yang berada di alamat Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini lokasinya ada di lereng Gunung Lawu. Kalian bisa menggunakan Google Map untuk mendapatkan rute menuju lokasi tersebut di sini.

Galeri Foto

Demikianlah informasi mengenai Candi Cetho yang dapat kami ulas, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tempat tersebut. Jangan lupa mengunjungi kembali situs Travelingan untuk melihat update tempat hits terbaru di kota-kota lain.